Friday, 25 March 2016

Contoh Studi Kelayakan ( ACC)


Contoh Studi Kelayakan ( ACC)


STUDI KELAYAKAN
PT. MODERN AGRICULTURE GRESIK
(Pertanian modern)

1.      Aspek Menejemen
Manajemen merupakan alat untuk mencapai suatu tujuan perusahaan PT. Modern Agriculture Gresik yaitu memenuhi kebutuhan konsumen terhadap kebutuhan pokok sehat dan inovatif serta berkualitas yang dapat bersaing secara unggul di bidang kuliner serta produk kesehatan dan yang lainnya.
Organisasi dalam perusahaan kami merupakan organisasi formal, dimana segala kegiatan yang dilakukan terkoordinasi dan strukturnya tersusun secara tegas. Struktur organisasi kami menggambarkan tugas, wewenang, dan tanggung jawab masing-masing bagian. Bentuk dari struktur organisasi kami adalah organisasi lini. Berikut merupakan gambar dari struktur organisasi lini perusahaan kami.
v  Struktur Organisasi  

Keterangan Gambar
Pimpinan                       : F N N
Manajer Pemasaran      : ANONYMOUS
Manajer Keuangan       : ANONYMOUS
Manajer SDM              : ANONYMOUS
Manajer Produksi         : ANONYMOUS
v  Sumber Daya Manusia
Dalam menjalankan kegiatan usaha PT. Modern Agriculture Gresik, kami memperkerjakan tenaga kerja dengan rincian dan spesifikasi sebagai berikut:
a.       1 orang Pimpinan
Bertanggung jawab atas segala kegiatan usaha demi tercapainya tujuan perusahaan. Memiliki wewenang puncak dan memiliki kewajiban menjadi decision maker atau pengambil keputusan. Pimpinan pada PT. Modern Agriculture Gresik adalah pemilik perusahaan yang bersangkutan.
b.      1 orang Manajer Pemasaran
Bertanggung jawab atas segala kegiatan pemasaran agar supaya produk dari unit usaha ini dapat dikenal oleh masyarakat luas dan mendorong mereka untuk mengonsumsi produk kami. Seorang Manajer Pemasaran pada PT. Modern Agriculture Gresik adalah minimal lulusan S1 Sarjana Ekonomi dengan minimal pengalaman 1 tahun dalam bidang yang sama.
c.       1 orang Manajer Keuangan
Bertanggung jawab atas segala kegiatan yang berkaitan dengan keuangan perusahaan, membuat laporan keuangan setiap 3 bulan sekali, dan menganalisis hasil laporan yang ada agar supaya kondisi keuangan perusahaan tetap stabil dan baik. Seorang Manajer Keuangan pada PT. Modern Agriculture Gresik adalah masih Keluarga dengan lulusan S1 agar hal yang sangat membutuhkan kejujuran bisa terpenuhi dikarnakan sudah mengetahui karakter dari keluarga saya
d.      1 orang Manajer SDM
Bertanggung jawab atas segala kegiatan ketenagakerjaan, mulai dari analisis jabatan, perekrutan, pemberian kompensasi, pengembangan karier, sampai dengan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Seorang Manajer SDM pada PT. Modern Agriculture Gresik adalah lulusan S1 Sarjana Sosiologi dengan minimal pengalaman 1 tahun di bidang yang Sama.
e.       1 orang Manajer Produksi
Bertanggung jawab atas segala kegiatan produksi perusahaan, mulai dari ketersediaan bahan Baku, pengolahan bahan Baku, sampai dengan mengatur persediaan secara efektif dan efisien.

2.      Aspek Pemasaran
a.       Segmentasi
Segemtasi pasar berarti membagai pasar menjadi beberapa kelompok pembeli yang berbeda yang mungkin memerlukan produk atau marketing mix yang berbeda pula. Segmentasi pasar dari PT. Modern Agriculture Gresik adalah super market seluruh gresik atau market lainya di seluruh indonesia dan sebisa mungkin melakukan ekspor

b.      Targeting
Targeting adalah melakukan evaluasi keaktifan setiap segmen, kemudian memilih satu atau lebih segmen pasar untuk dilayani. Pasar sasaran atau target dari PT. Modern Agriculture Gresik mencakup segala usia, baik Lansia, Dewasa, Remaja, atau Anak-anak yang menggemari produk makanan sehat dan inovatif namun pada ummnya orang dewasa.
c.       Positioning
Penentuan posisi pasar dilakukan setelah menentukan segmen mana yang akan dimasuki, maka harus pula menentukan posisi mana yang ingin ditempati dalam segmen tersebut. Posisi pasar dari PT. Modern Agriculture Gresik  adalah menciptakan image di benak konsumen sebagai perusahaan yang memproduksi bahan baku yang berkualitas
v  Analisis Kelayakan Pemasaran
Dalam melakukan analisis Permintaan, kami menggunakan model matrik pembobotan berskala 1 – 5.
Keterangan:
Sangat lemah   : 1                                            Kuat                : 4
Lemah             : 2                                            Sangat kuat     : 5
Sedang            : 3
Table Model Matriks Pembobotan Berskala
No.
Item yang Dinilai
Kriteria Penilaian
Sangat lemah
Lemah
Sedang
Kuat
Sangat Kuat
1
SDM
2
Pesaing
3
Konsumen
4
Teknologi
5
Model/Trend
6
Armada Pemasaran
7
Harga
8
Promosi
9
Distribusi
10
Produk dan Lini produk
11
Mutu Produk
12
Peraturan Pemerintah
13
Lingkungan Bisnis
14
Rencana Pemasaran
15
Penyimpanan Produk
16
Margin Laba
17
Ketersediaan Modal
18
Pangsa Pasar
19
Manajemen Pemasaran
Total Bobot
1
2
9
44
15

     Nilai Kelayakan   
1,00 – 1,80      = Sangat tidak layak
1,81 – 2,60      = Tidak layak
2,61 – 3,40      = Sedang
3,41 – 4,20      = Layak
4,21 – 5,00      = Sangat layak
Untuk mengetahui layak atau tidaknya dari segi pemasaran maka dapat dicari dengan rumus:
Kelayakan usaha     =            Total bobot
                                   Jumlah item yang dinilai
                                = 71 : 19
                                = 3,73
Berdasarkan hasil yang diperoleh sebesar 3,73 maka usaha Pertanian modern ini disisi pemasaran dikatakan layak karena masuk pada range 3,41 – 4,20.
v  Strategi Bauran Pemasaran
Karena luasnya kegiatan pemasaran, maka dalam melaksanakan kegiatan pemasaran produk, kami akan menekankan pada strategi bauran pemasaran (marketing mix) melalui, strategi produk, strategi harga, strategi lokasi, serta strategi promosi.
·         Strategi Produk
Produk utama yang kami tawarkan di pasaran ialah Beras sebab  kami memandang produk tersebut sebagai produk yang yang sangat dibutuhkan, hal ini dibuktikan dengan 483 ribu ton impor beras yang dilakukan oleh Indonesia sendiri. Namun kami juga memproduksi jagung dan lain sebagainya sebagai produk skunder
Dalam strategi produk, kami juga menyertakan label dari BPOM RI dan label halal dari MUI. Hal tersebut penting kami lakukan sebab dapat menumbuhkan rasa percaya dari konsumen. Dengan adanya label dari BPOM RI maka konsumen akan percaya bahwa produk kami telah teruji aman dan memenuhi standar kualitas pangan,
·         Strategi Harga
Harga adalah salah satu aspek yang paling penting dalam marketing mix. Penentuan harga menjadi sangat penting untuk diperhatikan, mengingat harga merupakan salah satu penyebab laku tidaknya produk yang ditawarkan. Kami sangat berhati-hati dalam menentukan harga, agar harga tersebut tetap dapat dijangkau dan juga agar margin laba yang kami targetkan tetap tercapai.
Harga untuk satu sak Antara 200 – 250 ribu/ sak , 10 ribu / kilo dengan kualitas super kami tetapkan di atas belum termasuk diskon, sebab semakin banyak jumlah yang dibeli oleh konsumen maka harga per satu sak beras menjadi semakin murah.

·         Strategi Lokasi dan Distribusi

§  Lokasi
1.      Kualitas super
-          Pasar besar
-          Mol
-          Super market
2.      Kualitas sedang
-          pasar umum
-          penadah beras
3.      lain lain
-          pemerintahan
§  Alat transportasi
-          Mobil colt
-          Truk

·         Strategi Promosi
-          Iklan
o   Media sosial
o   Brosur disetiap toko
-          Diskon
o   Tanggal pembelian
o   Jumlah pembelian

3.      ASPEK TEKNIS/OPERASI
·         Rencana Pengembangan
-          Alat modern
-          Simtem operasi modern
-          Evesiensi tenaga kerja
·         Evaluasi Lokasi
-          Jl. Daendels. Desa banyutengah, camurejo, dalegan , kec panceng Gresik

·         Sarana dan Prasarana
-          luas total tanah 20 hektar persegi
-          luas penyimpanan hasil produksi 3 hektar persegi
-          luas kantor utama 1 hektar persegi
·         Tenaga Ahli dan Tenaga Biasa
-          Tenaga ahli
o   Manejer
o   Staf
o   Mekanik
-          Tenaga biasa
o   Karyawan lapangan
o   Karyawan pengiklan

4.       ASPEK SOSIAL DAN EKONOMI
v  Aspek Sosial dan Ekonomi
-          Dapat meningkatkan ekonomi rumah tangga.
-          Meningkatnya pendapatan keluarga.
-          Tersedianya jumlah dan ragam produk makanan di masyarakat
-          Membuka kesempatan kerja bagi masyarakat sekaligus mengurangi pengangguran
-          Menggali, mengatur, dan menggunakan ekonomi sumber daya alam tanpa merusak lingkungan
-          Meningkatkan perekonomian Pemerintah local
-          Pemerataan pendistribusian pendapatan.
-          Memperoleh pendapatan berupa pajak dari usaha yang dikelola perusahaan
-          Adanya perubahan demografi
-          Perubahan budaya melalui
-          Perubahan kesehatan masyarakat melalui Perubahan status gizi masyarakat

5.       ASPEK KEUANGAN
·         Kebutuhan Dana Investasi
-          Biaya pra operasi
Biaya pra operasi mencapai Rp 3.000.000.000 yang digunakan untuk proses pembelian tanah, mesin dan mendirikan bangunan.
-          Total kebutuhan dana Investasi sebesar Rp 4.000.000.000
Proyeksi Laba per tahun 1.000.000.000
Proyeksi biaya per tahun 500.000.000
Laba = Hasil Penjualan – Jumlah Biaya
                                    = Rp 1.000.000.000 – Rp 500.000.000
                                    = Rp 500.000.000
Dengan demikian laba yang diperoleh per tahun sebesar Rp 500.000.000
Pengembalian modal    =   jumlah total kebutuhan dana investasi
                                          Jumlah laba yang didapat pertahun

                                    =    Rp 4.000.000.000              = 8 tahun
                                          Rp 500.000.000

Dengan demikian dalam waktu sekitar 8 tahun modal bisa kembali

No comments:

Post a Comment