Contoh Studi Kelayakan ( ACC)
STUDI KELAYAKAN
PT. MODERN
AGRICULTURE GRESIK
(Pertanian modern)
1. Aspek
Menejemen
Manajemen merupakan alat untuk
mencapai suatu tujuan perusahaan PT. Modern
Agriculture Gresik yaitu memenuhi kebutuhan konsumen terhadap kebutuhan
pokok sehat dan inovatif serta berkualitas yang dapat bersaing secara unggul di
bidang kuliner serta produk kesehatan dan yang lainnya.
Organisasi dalam perusahaan kami
merupakan organisasi formal, dimana segala kegiatan yang dilakukan
terkoordinasi dan strukturnya tersusun secara tegas. Struktur organisasi kami
menggambarkan tugas, wewenang, dan tanggung jawab masing-masing bagian. Bentuk
dari struktur organisasi kami adalah organisasi lini. Berikut merupakan gambar
dari struktur organisasi lini perusahaan kami.
v
Struktur
Organisasi
Keterangan
Gambar
Pimpinan : F N N
Manajer
Pemasaran : ANONYMOUS
Manajer
Keuangan : ANONYMOUS
Manajer
SDM : ANONYMOUS
Manajer
Produksi : ANONYMOUS
v
Sumber
Daya Manusia
Dalam
menjalankan kegiatan usaha PT. Modern
Agriculture Gresik, kami memperkerjakan tenaga kerja dengan rincian dan
spesifikasi sebagai berikut:
a. 1
orang Pimpinan
Bertanggung jawab atas segala
kegiatan usaha demi tercapainya tujuan perusahaan. Memiliki wewenang puncak dan
memiliki kewajiban menjadi decision maker atau pengambil keputusan. Pimpinan
pada PT. Modern Agriculture Gresik adalah
pemilik perusahaan yang bersangkutan.
b. 1
orang Manajer Pemasaran
Bertanggung
jawab atas segala kegiatan pemasaran agar supaya produk dari unit usaha ini
dapat dikenal oleh masyarakat luas dan mendorong mereka untuk mengonsumsi
produk kami. Seorang Manajer Pemasaran pada PT. Modern Agriculture Gresik adalah minimal lulusan S1 Sarjana
Ekonomi dengan minimal pengalaman 1 tahun dalam bidang yang sama.
c. 1
orang Manajer Keuangan
Bertanggung jawab atas segala
kegiatan yang berkaitan dengan keuangan perusahaan, membuat laporan keuangan
setiap 3 bulan sekali, dan menganalisis hasil laporan yang ada agar supaya
kondisi keuangan perusahaan tetap stabil dan baik. Seorang Manajer Keuangan
pada PT. Modern Agriculture Gresik
adalah masih Keluarga dengan lulusan S1 agar hal yang sangat membutuhkan kejujuran
bisa terpenuhi dikarnakan sudah mengetahui karakter dari keluarga saya
d. 1
orang Manajer SDM
Bertanggung jawab atas segala kegiatan
ketenagakerjaan, mulai dari analisis jabatan, perekrutan, pemberian kompensasi,
pengembangan karier, sampai dengan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Seorang
Manajer SDM pada PT. Modern Agriculture
Gresik adalah lulusan S1 Sarjana Sosiologi dengan minimal pengalaman 1
tahun di bidang yang Sama.
e. 1
orang Manajer Produksi
Bertanggung
jawab atas segala kegiatan produksi perusahaan, mulai dari ketersediaan bahan Baku,
pengolahan bahan Baku, sampai dengan mengatur persediaan secara efektif dan efisien.
2. Aspek
Pemasaran
a. Segmentasi
Segemtasi
pasar berarti membagai pasar menjadi beberapa kelompok pembeli yang berbeda
yang mungkin memerlukan produk atau marketing mix yang berbeda pula. Segmentasi
pasar dari PT. Modern Agriculture Gresik
adalah super market seluruh gresik atau market lainya di seluruh indonesia
dan sebisa mungkin melakukan ekspor
b. Targeting
Targeting adalah melakukan
evaluasi keaktifan setiap segmen, kemudian memilih satu atau lebih segmen pasar
untuk dilayani. Pasar sasaran atau target dari PT. Modern Agriculture Gresik mencakup segala usia, baik Lansia,
Dewasa, Remaja, atau Anak-anak yang menggemari produk makanan sehat dan
inovatif namun pada ummnya orang dewasa.
c. Positioning
Penentuan
posisi pasar dilakukan setelah menentukan segmen mana yang akan dimasuki, maka
harus pula menentukan posisi mana yang ingin ditempati dalam segmen tersebut.
Posisi pasar dari PT. Modern Agriculture
Gresik adalah menciptakan image di
benak konsumen sebagai perusahaan yang memproduksi bahan baku yang berkualitas
v
Analisis Kelayakan Pemasaran
Dalam
melakukan analisis Permintaan, kami menggunakan model matrik pembobotan
berskala 1 – 5.
Keterangan:
Sangat
lemah :
1
Kuat
: 4
Lemah
:
2
Sangat kuat : 5
Sedang
: 3
Table Model
Matriks Pembobotan Berskala
No.
|
Item yang Dinilai
|
Kriteria Penilaian
|
||||
Sangat lemah
|
Lemah
|
Sedang
|
Kuat
|
Sangat Kuat
|
||
1
|
SDM
|
√
|
||||
2
|
Pesaing
|
√
|
||||
3
|
Konsumen
|
√
|
||||
4
|
Teknologi
|
√
|
||||
5
|
Model/Trend
|
√
|
||||
6
|
Armada
Pemasaran
|
√
|
||||
7
|
Harga
|
√
|
||||
8
|
Promosi
|
√
|
||||
9
|
Distribusi
|
√
|
||||
10
|
Produk
dan Lini produk
|
√
|
||||
11
|
Mutu
Produk
|
√
|
||||
12
|
Peraturan
Pemerintah
|
√
|
||||
13
|
Lingkungan
Bisnis
|
√
|
||||
14
|
Rencana
Pemasaran
|
√
|
||||
15
|
Penyimpanan
Produk
|
√
|
||||
16
|
Margin
Laba
|
√
|
||||
17
|
Ketersediaan
Modal
|
√
|
||||
18
|
Pangsa
Pasar
|
√
|
||||
19
|
Manajemen
Pemasaran
|
√
|
||||
Total Bobot
|
1
|
2
|
9
|
44
|
15
|
Nilai
Kelayakan
1,00 –
1,80 = Sangat tidak layak
1,81 –
2,60 = Tidak layak
2,61 –
3,40 = Sedang
3,41 –
4,20 = Layak
4,21 –
5,00 = Sangat layak
Untuk
mengetahui layak atau tidaknya dari segi pemasaran maka dapat dicari dengan
rumus:
Kelayakan
usaha =
Total bobot
Jumlah item yang dinilai
= 71 : 19
= 3,73
Berdasarkan
hasil yang diperoleh sebesar 3,73 maka usaha Pertanian modern ini disisi
pemasaran dikatakan layak karena masuk pada range 3,41 – 4,20.
v
Strategi Bauran Pemasaran
Karena
luasnya kegiatan pemasaran, maka dalam melaksanakan kegiatan pemasaran produk,
kami akan menekankan pada strategi bauran pemasaran (marketing mix) melalui,
strategi produk, strategi harga, strategi lokasi, serta strategi promosi.
·
Strategi Produk
Produk utama yang kami tawarkan
di pasaran ialah Beras sebab kami
memandang produk tersebut sebagai produk yang yang sangat dibutuhkan, hal ini
dibuktikan dengan 483 ribu ton impor beras yang dilakukan oleh Indonesia
sendiri. Namun kami juga memproduksi jagung dan lain sebagainya sebagai produk
skunder
Dalam
strategi produk, kami juga menyertakan label dari BPOM RI dan label halal dari
MUI. Hal tersebut penting kami lakukan sebab dapat menumbuhkan rasa percaya
dari konsumen. Dengan adanya label dari BPOM RI maka konsumen akan percaya
bahwa produk kami telah teruji aman dan memenuhi standar kualitas pangan,
·
Strategi Harga
Harga
adalah salah satu aspek yang paling penting dalam marketing mix. Penentuan harga
menjadi sangat penting untuk diperhatikan, mengingat harga merupakan salah satu
penyebab laku tidaknya produk yang ditawarkan. Kami sangat berhati-hati dalam
menentukan harga, agar harga tersebut tetap dapat dijangkau dan juga agar
margin laba yang kami targetkan tetap tercapai.
Harga
untuk satu sak Antara 200 – 250 ribu/ sak , 10 ribu / kilo dengan kualitas
super kami tetapkan di atas belum termasuk diskon, sebab semakin banyak jumlah
yang dibeli oleh konsumen maka harga per satu sak beras menjadi semakin murah.
·
Strategi Lokasi dan Distribusi
§
Lokasi
1.
Kualitas
super
-
Pasar
besar
-
Mol
-
Super
market
2.
Kualitas
sedang
-
pasar
umum
-
penadah
beras
3.
lain
lain
-
pemerintahan
§
Alat transportasi
-
Mobil
colt
-
Truk
·
Strategi Promosi
-
Iklan
o
Media
sosial
o
Brosur
disetiap toko
-
Diskon
o
Tanggal
pembelian
o
Jumlah
pembelian
3. ASPEK
TEKNIS/OPERASI
·
Rencana
Pengembangan
-
Alat
modern
-
Simtem
operasi modern
-
Evesiensi
tenaga kerja
·
Evaluasi
Lokasi
-
Jl.
Daendels. Desa banyutengah, camurejo, dalegan , kec panceng Gresik
·
Sarana
dan Prasarana
-
luas
total tanah 20 hektar persegi
-
luas
penyimpanan hasil produksi 3 hektar persegi
-
luas
kantor utama 1 hektar persegi
·
Tenaga
Ahli dan Tenaga Biasa
-
Tenaga
ahli
o
Manejer
o
Staf
o
Mekanik
-
Tenaga
biasa
o
Karyawan
lapangan
o
Karyawan
pengiklan
4. ASPEK SOSIAL DAN EKONOMI
v
Aspek
Sosial dan Ekonomi
-
Dapat
meningkatkan ekonomi rumah tangga.
-
Meningkatnya
pendapatan keluarga.
-
Tersedianya
jumlah dan ragam produk makanan di masyarakat
-
Membuka
kesempatan kerja bagi masyarakat sekaligus mengurangi pengangguran
-
Menggali,
mengatur, dan menggunakan ekonomi sumber daya alam tanpa merusak lingkungan
-
Meningkatkan
perekonomian Pemerintah local
-
Pemerataan
pendistribusian pendapatan.
-
Memperoleh
pendapatan berupa pajak dari usaha yang dikelola perusahaan
-
Adanya
perubahan demografi
-
Perubahan
budaya melalui
-
Perubahan
kesehatan masyarakat melalui Perubahan status gizi masyarakat
5. ASPEK
KEUANGAN
·
Kebutuhan Dana Investasi
-
Biaya pra operasi
Biaya
pra operasi mencapai Rp 3.000.000.000 yang digunakan untuk proses pembelian
tanah, mesin dan mendirikan bangunan.
-
Total kebutuhan dana Investasi
sebesar Rp 4.000.000.000
Proyeksi Laba per tahun 1.000.000.000
Proyeksi biaya per tahun 500.000.000
Laba = Hasil Penjualan – Jumlah
Biaya
= Rp 1.000.000.000 – Rp 500.000.000
= Rp 500.000.000
Dengan
demikian laba yang diperoleh per tahun sebesar Rp 500.000.000
Jumlah laba yang didapat pertahun
Rp 500.000.000
Dengan
demikian dalam waktu sekitar 8 tahun modal bisa kembali
No comments:
Post a Comment